Kampanye Prabowo
October 1, 2015

Search Engine Marketing

Indonesia Search Engine Marketing Services

Search Engine Marketing (SEM) adalah cara melakukan pemasaran online atau internet marketing hingga kampanye di internet dengan mengoptimasi mesin pencari (search engine) terutama Google. Dilakukan di situs pencari no 1 di dunia yang penggunanya lebih dominan, sekitar 85% dibandingkan pesaingnya Yahoo dan Bing milik Microsoft. Teknik pemasaran pada mesin pencari ini sangat berbeda dengan social media marketing. Secara garis besar dibagi atas dua model yakni:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • PPC (Pay Per-Click)
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization adalah cara parainternet marketer, mengelola Website agar lebih disukai oleh mesin pencari dan ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu pada search bar, diarahkan Web yang dikelola tampil di halaman utama hingga posisi 10 besar di Google secara organik, etis dan natural, cara halus untuk melakukan promosi online. Melakukan pemasaran berbasis SEO di internet ini bersifat sangat teknikal, membutuhkan keahlian dan pengalaman panjang agar dapat diaplikasikan dengan maksimum serta tepat sasaran. Selain cara yang berbeda untuk beberapa jenis mesin pencari, bila diterapkan pada Google sendiri, perkembangannya sangat dinamis, sesuai dengan perubahan algoritma Google yang tidak pernah diam. Dengan prinsip, mereka ingin menyajikan data terbaik bagi penggunanya, terutama sejak Panda dan Penguin diluncurkan untuk menenggelamkan Website yang minim konten dan cenderung menjadi spammer yakni cara SEO yang dikenal dengan teknik black hat melakukan link bulding dengan salah. DigiCampaign dengan aliran White Hat SEO menawarkan jasa SEO Indonesia bagi pelaku niaga atau pemilik Website bisnis.
 
Pay Per-Click
Sedangkan Search Engine Marketing berbasis PPCadalah teknik campaign di Google atau media sosial lainnya dengan cara berbayar berdasarkan budget harian termasuk penempatan iklan berbayar di Facebook. Di Google dikenal dengan sebutan search advertising atau Google AdWords. Dilakukan dengan cara biddingatas keyword tertentu agar iklan berbayar tampil diatas pesaingnya. Iklan dapat dengan cepat tampil pada Google Search Network atau pada Website tertentu yang mengijinkan Google beriklan disana, dikenal dengan Google Partner Networks. Iklan dibayar setelah pengguna internet mengklik iklan yang ditempatkan pada jaringan halaman halaman Website penyedia jasa PPC berupa teks atau gambar, seperti Google Display Network. Pertanyaan yang timbul, bagaimana cara merancang iklan yang tepat, persuasif dan tampil pada urutan atas, mengalahkan pesaing? Termasuk pemasangan iklan re-marketing atau re-targeting yang mengikuti  pengguna internt kemana mereka bersilancar. Ahli internet marketing dengan menggunakan berbagai tools mulai dari Google Webmaster tools hingga Web analytics, keyword research serta pemahaman atas digital marketing yang dalam tau cara terbaik untuk mengaplikasikan search engine marketing dengan tepat sasaran.
WhatsApp chat